-->

Apa Itu PHP dan Alasan Belajar PHP - Belajar PHP Bagian 1

Belajar PHP dasar Bagian 1

Apa Itu PHP dan Alasan Belajar PHP  ??

Siapa yang tak tahu bahasa pemrograman web yang satu ini, yah apalagi kalau bukan PHP.  PHP - Hypertext Preprocessor merupakan bahasa pemrograman web dinamis yang dapat ditempelkan atau disandingkan dengan HTML (wikepedia). Bukan (Pemberi Harapan Palsu) .

jadi scipt PHP di tanamkan pada HTML agar menghasilkan website dinamis, yang nantinya data data akan terhubung ke database. Tapi PHP tidak bisa langsung di eksekusi atau dijalankan pada komputer/notebook sebulum menginstall web server,nanti akan kita bahas pada bagian kedua.

Kenapa Harus Belajar PHP??

1.Relatif muda di pelajari
Kenapa saya katakan begitu, contoh saya ambil kasus untuk mencetak / menampilkan tulisan ke layar menggunakan PHP  kita hanya menggunakan perintah “echo”. Tidak seperti bahasa pemrograman lain seperti Java, untuk menampilkan tulisan kelayar kita harus membutuhkan class,kemudia public static void main dan ini mungkin agak merepotkan.

2.Dengan Mengetahui dasar HTML dan CSS Sudah Cukup
Seperti yang sudah saya bahas diatas kalau PHP itu bisa ditanamkan / disandingkan dengan HTML, dan untuk mepercantik tempilan gunakanlah CSS, jadi sebelum belajar PHP setidaknya kita harus tahu tag-tag HTML dasar.

3.Open Source
Ya PHP tidak membutuhkan lisensi untuk penggunaanya jadi kita tinggal mendownload di situs resminya untuk melakukan instalasi di OS kita, tapi yang kita lakukan nanti tidak mendownload itu, karena kita akan menggunakan software XAMPP didalamnya sudah komplit terdapat Apache dan MySQL.

4.PHP khusus dibuat Web
Ini adalah alasan kita untuk belajar PHP, yah nantinya kita akan membangun suat website sederhana yang dapat melakukan CRUD (Cread Read Update Delete).

5.Banyak Website Terkenal Menggunakan PHP
Tidak diragukan lagi popularitas nya, situs situs besar seperti Facebook,Yahoo,Wikepedia,Flikr awalnya menggunakan PHP. Wah banyak juga ya.

Sampai disini pembahasan Belajar PHP dasar Bagian 1 kita sambung di bagian 2, jangan lupa untuk membacanya ya.

inspirated Sandhikagalih


0 Response to "Apa Itu PHP dan Alasan Belajar PHP - Belajar PHP Bagian 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel