-->

Penginstalan XAMPP- Belajar PHP Bagian 2





Penginstalan XAMPP-  Belajar PHP Bagian 2

Sebelumnya kita sudah membahas Apa itu PHP dan alasan mengapa harus belajar PHP. Nah sebelum kita masuk pada bagian penulisan sintaks – sintaks PHP itu sendiri, kita harus menginsatal sebuah web server di komputer kita yang nantinya dapat mengeksekusi file file PHP, disini kita akan memakai Software XAMPP .

Kenapa harus XAMPP? Karena software ini sudah memuat semua yang kita butuhkan mulai dari Apache MySQL dan banyak lagi. Dan lagi lagi software ini gratis tanpa dipungut biaya!!

Oke balik lagi ke TeKaPe Bagi sobat yang belum memiliki softwarenya dapat langsung mendowload di situs resminya download lah versi yang terbaru nya atau klik disni.

Baik, setelah file berhasil didownload instal seperti biasa tinggal klik next next aja!!, jika sudah terinstall buka lah XAMPP Control Panel. Biasanya akan muncul di desktop, jika tidak ada bisa sobat cari di menu pencarian start pada windows.

Langkah selanjutnya aktifkan apache dan mysql dengan mengklik start jika berhasil akan berubah warna menjadi hijau.







Untuk memastikan apakah file PHP sudah bisa dieksekusi di koputer sobat, silahkan buat satu file dengan nama index.php. Simpan file tersebut kedalam folder htdocs dan buat folder baru didalmnya belajarphp. Lihat gambar








Tulis sintak ini di index.php

<? php echo "Hello World !"; ?>

dan eksekusi file dengan cara masuk ke dalam browser kalian dan tulis di addres bar Localhost/belajarphp lalu tekan enter







Jika muncul seperti ini maka komputer sobat sudah dapat mengksekusi file PHP













Sampai disini dulu pembahasan kita.. tunggu kelanjutan seri bagian ke 2 !!!

inspirated Sandhikagalih

0 Response to "Penginstalan XAMPP- Belajar PHP Bagian 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel