-->

Apa Itu Sistem (Materi PTIK: pertemuan 8)

        Sistem berasal dari bahasa yunani “ Systema “ artinya satuan yang saling bergantung dan saling bekerja sama untuk menghasilkan suatu metode, prosedur serta teknik yang digabung dan diatur sedemikian rupa sehingga menjadi suatu kesatuan yang berfungsi mencapai suatu tujuan Tertentu.

       Sistem dapat terdiri dari beberapa sub sistem yang saling berhubungan untuk membentuk suatu kesatuan sehingga tujuan atau sasaran sistem dapat dicapai

Abdul Kadir (2003 :54) Menyatakan bahwa sistem adalah sekumpulan elemen yang saling terkait atau terpadu yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan.

Raymon Mcleaod,Ir,(2004 :9) Menyatakan bahwa Sistem adalah sekelompok elemen –elemen yang terintergrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.



Definisi Sistem

sekumpulan dari beberapa komponen yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. <defenisi ini lebih sering digunakan untuk menggambarkan sistem yang terfokus pada sistem yang fisiknya lebih terlihat>.

Apa Itu Informasi

Informasi = data yang telah diklasifikasi/dipilah-pilah dan diolah untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan dalam berbagai kegiatan.
Fungsi Informasi = menambah pengetahuan dan mengurangi ketidakpastian pada pemakai informasi


Informasi dikatakan berguna jika memenuhi syarat berikut:
Relevan (Relevance);
Tepat Waktu (Timeliness);
Tepat Nilai/Akurat (Accurate)


Model Pengembangan Sistem

1. Model ‘Air Terjun’ (Waterfall)Metode ini sering juga disebut model Sequential Linier, dimana metode ini merupakan pengembangan sistem yang paling tua dan paling sederhana. Metode Waterfall cocok untuk pengembangan perangkat lunak dengan spesifikasi yang tidak berubah-ubah. Model ini menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sequential atau terurut dimulai dari analisa, desain, pengkodean, pengujian dan tahap pendukung.

2. Model Prototipe
Digunakan untuk menyambungkan ketidakpahaman pelanggan mengenai hal teknis dan memperjelas spesifikasi kebutuhan yang diinginkan pelanggan kepada pengembang perangkat lunak. Model prototipe dimulai dari mengumpulkan kebutuhan pelanggan terhadap perangkat lunak yang akan dibuat, dan protoptipe merupakan program yang belum jadi Mock-up adalah model desain untuk mengajar, demonstrasi, evaluasi desain, promosi atau keperluan perangkat lunak.

3. Model Rapid Application Development (RAD)
Model proses pengembangan perangkat lunak yang bersifat incremental terutama untuk waktu pengerjaan yang pendek. Model RAD merupakan adaptasi dari model air terjun versi kecepatan tinggi dengan menggunakan model air terjun untuk pengembangan setiap komponen perangkat lunak.

4. Model Interaktif
























Mengkombinasikan proses-proses pada model air terjun dan iteratif pada model prototipe yang menghasilkan versi-versi perangkat lunak yang sudah mengalami penambahan fungsi untuk setiap pertambahannya. Model ini cocok untuk pengembang dengan turnover staf yang tinggi. Model Inkremental dibuat untuk mengatasi kelemahan model waterfall yang tidak mengakomodasi iterasi dan mengatasi kelemahan dari metode prototipe yang memiliki proses terlalu pendek.








5.Model Spiral
Kombinasi iteratif pada model prototipe dengan kontrol dan aspek sistematik yang diambil dari model air terjun yang menyediakan pengembangan dengan cara cepat dengan perangkat lunak yang memiliki versi yang terus bertambah fungsinya. Model Spiral dibagi menjadi beberapa kerangka aktivitas atau disebut juga wilayah kerja (task region). Cocok digunakan untuk mengembangkan aplikasi dengan skala besar tetapi target waktu dan biaya tidak terlalu tinggi.




Tunggu Postingan Berikutnya.....



0 Response to "Apa Itu Sistem (Materi PTIK: pertemuan 8)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel