-->

Makalah Sistem Operasi Ubuntu.


Makalah Sistem Operasi Ubuntu - berikut saya share malahnya. semiga bisa jadi referensi
KATA PENGANTAR

    Puji syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yesus Kristus karena oleh kasih serta berkatnya kita masih bisa merasakan indahnya kehidupan ini dan karena itu penulis dapat menyelesaikan Makalah Sistem Operasi Ubuntu.
    Dalam pembuatan makalah ini penulis banyak mendapati masukkan mulai dari teman, dan juga situs-situs web yang menjadi referensi, untuk itu penulis ucaplan terimakasih.
    Penulis juga menyadari akan banyaknya kekurangan di dalam makalah ini, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca. Akhir kata penulis ucapkan terimakasih dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan.



Penulis




BAB I PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
    Seiring perkembangan tehnologi komputer bermunculan Sistem Operasi yang beragam sesuai dengan kebutuhan, para pengembang OS berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik seperti halnya OS yang satu ini ya Ubuntu.
    Ubuntu(Unsupported Input) merupakan salah satu distro Linux (Distibusi Linux) yang berbasis Debian.Ubuntu pertama kali di luncurkan pada 20 Oktober 2004 semenjak itu ssetiap 6 bulan sekali Ubuntu mengupdate OS nya.
    Penggunaan OS memang agak jarang dipasaran inidonesia, karena kurangnya sosialisai serta perkenalan kepada rakyat-rakyat biasa, maka dari itu melalui Makalah ini kiranya dapat menambah pengetahuan mengenai OS Ubuntu.

B.TUJUAN
    Adapun tujuan penulis membuat makalah ini yaitu untuk mengetahui :
1. Sejarah Sistem operasi Ubuntu
2. Keunggulan Sistem operasi Ubuntu
3. Kelemahan Sistem operasi Ubuntu
4. Implementasi Sistem operasi Ubuntu


BAB II ISI

A. Keunggulan  OS Ubuntu
1. Open Source
    OS ini dapat digunakan tanpa harus adanya Lisensi (pembayaran), dengan hal ini kita tidak perlu lagi mencari-cari crak ataupun serial numbernya karena pihak Ubuntu sendiri menyediakannya secara gratis (open source).

2. Ketersediaan Pembaruan Software
    Selain open source OS ini juga menyediakan sebuah fasilitas pusat untuk pembaharuan, jadi kita dipermudah untuk melihat ketersediaan software terupdate pada sistem.

3. Keamanan Yang Bagus
    Walaupun OS ini open source bukan berarti murahan, karena Ubuntu menyediakan fasilitas yang sangat aman. Contohnya sama seperti windows OS ini juga dapat membuat password account, tapi yang istimewanya yaitu ketika ada software yang hendak diinstall haruslah terlebih dahulu memasukkan password account. Jadi dengan keamanan ini kita dapat mencegah software tidak jelas yang terinstall otomatis.

4. Sulit Terkena Virus
    Memang tidak ada OS yang sempurna, tetapi linux khususnya Ubuntu sendiri kecil kemungkinan terkena virus dan bisa dikatakan jarang.

5. Interface Menarik
    Merasa bosan dengan UI suatu OS yang flat (gitu-gitu aja), Ubuntu dapat diandalkan, karena Ubuntu mempunyai ciri khas tersendiri yang memungkinkan user nyaman dan betah untuk mengoperasikannya.

6. Shutdown dan Boot Time cepat
    Dibandingkan dengan OS Windows Ubuntu jelas lebih handal pada saat booting ataupun proses shutdown, hal itu dikarenakan OS ini sangatlah simpel dan bagus.
B. Kelemahan OS Ubuntu
    Semua Sisten Operasi pasti memiliki kelemahan, tetapi kelemahan itu akan tertutupi oleh keunggulan-keunggulan yang disediakan. Untuk itu berikut kelemahan dari OS Ubuntu.

1. Pengoperasian yang Sulit
    Sebenarnya hal ini akan dialami pada user yang pertama kali menggunakannya, karena kurang familiar terutama bagi user yang sering atau hanya menggunakan OS Windows. Tetapi bagi yang sudah terbiasa ya gampang sih.

2. Software Kurang Tersedia
    Yah memang belum banyak software developer yang membuat unutk OS ini dibandingkan dengan OS lain, seperti windows yang notabane nya memiliki banyak Software yang terrealisasi.

3. Support Hardware
     Beberapa vendor hardware baru terkadang belum menyuport (mendukung) OS Ubuntu,biasanya menuggu dalam kurun waktu yang sedikit lama agar disupport misalnnya modem,wi-fi, dan VGA Card.

4. Tidak Cocok Bagi Gamers
    Yah OS ini memang tidak direkomendasikan bagi gamers karena belum banyak game game yang dapat dimainkan pada OS ini, oleh karena itu gunakan saja Windows kalau hanya ingin bermain game.

C.Implementasi OS Ubuntu
    Untuk pengimplementasian atau penerapan dari Sistem Operasi Ubuntu yaitu sebagai berikut.
1. Penerapan Server Web Hosting
2. Penerapan pada PC / Laptop personal
3. Penerapan pada PC / Laptop komersial

BAB III PENUTUP

KESIMPULAN
    Sudah jelas semua Sistem Operasi bertujuan untuk mempermudah dalam menjalankan atau mengendalikan sebauah perangkat baik itu PC, Laptop, SmartPhone dan lain-lain, tetapi ada OS yang cenderung menonjol dibidang ini dan ada juga OS yang menonjol dibidang yang lain. Jadi dapat saya simpulkan tidak ada OS yang sempurna, untuk itu pergunakan lah OS yang sesuai dengan keadaan ataupun kebutuhan.

1 Response to "Makalah Sistem Operasi Ubuntu."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel